Blog saya akan mencoba untuk share ilmu, baik yang Basic atau yang High tech berdasarkan pengetahuan yang saya di jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Bekerja di PT. MNC Sky Vision.Tbk bagian Repair,Rekondisi & Quality Control (RRQC)kpu Medan. Menyukai Elektro (arus kuat dan arus lemah), Informatika (Hardware dan Software) dan Mesin (Industri dan Automotive).

Tuesday, November 6, 2012

Rangkaian Charger Ponsel Menggunakan Accu Sepeda Motor

Gambar skema Rangkaian Charger Ponsel Menggunakan Accu Sepeda Motor beserta komponen dan cara pembuatannya

Rangkaian Charger Ponsel Menggunakan Accu Sepeda Motor. Ini adalah cara sederhana dan mudah untuk memanfaatkan arus dari batere (accu) sepeda motor untuk mengisi Ponsel. Sebagian besar batere ponsel memiliki tiga 1,2 volt sel membuat tegangan menjadi 3,6 volt. Untuk isi ulang yang cepat dari batere, setiap sel membutuhkan lebih dari 1,2 volt dan arus yang cukup. Sirkuit ini dapat memberikan 5 volt pada 300 mA untuk mengisi baterai dengan cepat.
Rangkaian Charger Ponsel Menggunkan Accu Sepeda Motor ini memakai IC regulator tegangan positif 7805 untuk memberikan 5 volt output teratur. Komponen sekitar IC1 dimaksudkan untuk melindungi IC sehingga memberikan daya output halus. Dioda Zener ZD bertindak sebagai dioda yang  melindungi input gelombang. Dia memberikan 7,2 volt ke input dari IC regulator dari baterai sepeda 12 volt. Diode D1 adalah output gelombang dan  dioda yang melindungi input pendek.

Berikut ini adalah daftar komponen yang diperlukan :
R  = 100R W
R1 = 15R 1W
C1 = 0.33
C2 = 0.1
C3 = 100uF/25V
D1 = 1N4007
ZD = 7.2V 1W
IC1 = 7805
Ketika tegangan lonjakan melebihi rating tegangan maksimum dari regulator yang diterapkan pada input atau ketika tegangan melebihi tegangan input yang diterapkan pada output, regulator akan dihancurkan. Kapasitor C1 dan C2 memberikan stabilitas kepada regulator dan ini harus disolder dekat dengan kaki regulator. Kapasitor C3 berfungsi sebagai buffer untuk memberikan tegangan konstan pada output. Semoga Rangkaian Charger Ponsel Menggunakan Accu Sepeda Motor ini bermanfaat bagi Anda.

No comments:

Google