Blog saya akan mencoba untuk share ilmu, baik yang Basic atau yang High tech berdasarkan pengetahuan yang saya di jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Bekerja di PT. MNC Sky Vision.Tbk bagian Repair,Rekondisi & Quality Control (RRQC)kpu Medan. Menyukai Elektro (arus kuat dan arus lemah), Informatika (Hardware dan Software) dan Mesin (Industri dan Automotive).

Tuesday, November 6, 2012

Rangkaian Charger Ponsel Menggunakan Accu Sepeda Motor

Gambar skema Rangkaian Charger Ponsel Menggunakan Accu Sepeda Motor beserta komponen dan cara pembuatannya

Rangkaian Charger Ponsel Menggunakan Accu Sepeda Motor. Ini adalah cara sederhana dan mudah untuk memanfaatkan arus dari batere (accu) sepeda motor untuk mengisi Ponsel. Sebagian besar batere ponsel memiliki tiga 1,2 volt sel membuat tegangan menjadi 3,6 volt. Untuk isi ulang yang cepat dari batere, setiap sel membutuhkan lebih dari 1,2 volt dan arus yang cukup. Sirkuit ini dapat memberikan 5 volt pada 300 mA untuk mengisi baterai dengan cepat.
Rangkaian Charger Ponsel Menggunkan Accu Sepeda Motor ini memakai IC regulator tegangan positif 7805 untuk memberikan 5 volt output teratur. Komponen sekitar IC1 dimaksudkan untuk melindungi IC sehingga memberikan daya output halus. Dioda Zener ZD bertindak sebagai dioda yang  melindungi input gelombang. Dia memberikan 7,2 volt ke input dari IC regulator dari baterai sepeda 12 volt. Diode D1 adalah output gelombang dan  dioda yang melindungi input pendek.

Berikut ini adalah daftar komponen yang diperlukan :
R  = 100R W
R1 = 15R 1W
C1 = 0.33
C2 = 0.1
C3 = 100uF/25V
D1 = 1N4007
ZD = 7.2V 1W
IC1 = 7805
Ketika tegangan lonjakan melebihi rating tegangan maksimum dari regulator yang diterapkan pada input atau ketika tegangan melebihi tegangan input yang diterapkan pada output, regulator akan dihancurkan. Kapasitor C1 dan C2 memberikan stabilitas kepada regulator dan ini harus disolder dekat dengan kaki regulator. Kapasitor C3 berfungsi sebagai buffer untuk memberikan tegangan konstan pada output. Semoga Rangkaian Charger Ponsel Menggunakan Accu Sepeda Motor ini bermanfaat bagi Anda.

 Bikin Hi-Pass Beam

 



Umumnya sepeda motor ‘laki-laki’ dilengkapi dengan tombol “Hi-Pass Beam”. Seperti pada mobil.. tombol tersebut berfungsi untuk memberi tanda dengan menyalakan lampu jauh dengan singkat, biasanya saat akan menyusul kendaraan di depannya, makanya disebut Hi-Pass Beam.
Ketika saya membeli motor jenis bebek, seperti ada yang kurang rasanya..

kebiasaan menyalakan Hi-Pass Beam saat menyusul atau menyapa teman dari arah berlawanan sulit dilakukan pada motor jenis ini yang memang tidak dilengkapi tombol tersebut.
Umumnya motor jenis bebek hanya dilengkapi tombol untuk memilih posisi lampu HI atau LOW Beam saja. Dan repot sekali untuk melakukan gerakan cepat. Tidak tahan dengan kondisi tersebut… akhirnya bikin sendiri saja deh.. – www.saft7.com –
Artikel ini khusus dibuat untuk diaplikasikan pada motor jenis bebek pada umumnya yang bermerek Suzuki.
Hal ini dikarenakan warna pada kabel bawaan pabrik dan skematik diagram setiap merek selalu ditemukan berbeda.
Jadi perlu beberapa modifikasi minor lain jika ingin diaplikasikan pada merek selain Suzuki.
Yang perlu diperhatikan apabila akan diaplikasikan pada merek lain adalah, kabel COMMON pada skema ini berarus positif dimana kabel HI dan LOW Beam berarus negatif, sebaliknya pada merek lain ada yang berarus sebaliknya.

Yang perlu disiapkan adalah:
1. Relay BOSCH 4 kaki dengan tipe : 0 332 019 453
2. Relay BOSCH 5 kaki dengan tipe : 0 332 209 151
3. Saklar Push ON
4. Kabel-kabel
Mengapa perlu dua relay?
Relay 5 kaki ditujukan untuk memutuskan arus listrik LOW BEAM apabila tombol Hi-Pass Beam diaktifkan/ditekan. Tujuannya adalah agar cahaya lampu tidak menjadi redup khususnya pada saat kondisi saklar pemilih HI/LOW BEAM pada posisi LOW (default), sehingga cukup satu filamen saja yang menyala. Jika dua filamen menyala bersamaan, arus listrik menjadi kurang maksimal, sinar akan redup.
Relay 4 kaki ditujukan untuk mengaktifkan lampu Hi-Beam.
- www.saft7.com –

Berikut skematik diagram untuk Hi-Pass Beam


Setelah dipasang dengan teliti dan benar, kini pilihlah lokasi pemasangan saklar push-on pada body motor.
Usahakan pemasangan di posisi yang ergonomis. Bisa mencontoh lokasi seperti pada motor ‘laki-laki’ pada umumnya yang ada tombol Hi-Pass Beam. Saya sendiri membuat lubang pada body untuk penempatan saklar tersebut.

Nah.. jika sudah terpasang, semakin nyaman kita berkendara…

Hati-hati di jalan, Bro Bikers!
Tambahan:
Saya menggunakan Push-On yaitu berupa microswitch yang bentuknya seperti ini (pilih yang bertangkai panjang)
microswitch1.jpg
microswitch2.jpg
(sumber foto microswitch: www.designnotes.com)
Thanks!

Monday, November 5, 2012

lenka


Modifikasi honda Spacy white n Cs1 white

27 09 2012
 
 
 
 
 
 
1 Vote


Postingan ringan .. yakni berupa hasil modifikasi motor honda spacy dan honda cs1 yang  di kirimkan via wall FP CXRIDER . Dan anehnya kedua motor modifikasi tersebut berkelir putih . Musti rajin rajin di cuci nih biar kinclong :mrgreen: .

Untuk yang pertama kita bahas si gembul spacy
Perubahan terhadap si helm in ini hanya pada sektor tampilan depan yang dimana di custom bagian ‘dada’ yang dulu hanya merupakan lampu senja dan sein digantikan dengan dada New jupiter z yang terkesan bengis tampilannya :D .
dan digunakanlah LED Luxeon yang ditanamkan di kanan serta kiri . Selain bagian dada, yang dirubah tentunya adalah bagian setang kemudi karena posisi lampu utama bergeser ke dada, digantikan dengan setang CS1  serta penambahan visor/windshield dari Ninja 250 . jadi mirip photoshopnya CXR yang ini ?

Selanjutnya si CeeSwan :mrgreen:
Sang pengirim (bro Fadil) hanyamelampirkan foto saja tanpa detail perubahan yang lengkap terhadap si CS1 putih ini, tapi CXR coba menerawang ubahannya.
yang jelas ubahan terletak di bagian depan juga , yang dimana headlamp asli di lengserkan  menggunakan headlamp honda beat , di custom degnan penambahan sayap di bagian kanan dan kiri, sepintas seperti motor laki yang full fairing , imho . Untuk kendali kemudi asli sepertinya lengser ke Spacy-nya :D dan untuk si CS1 ini diganti seperti model setang jepit (X1R) si ijo :mrgreen: . Untuk indikator, odometer dll di custom nempel di belakang headlamp ,
dan biar makin keren, dilabur dengan livery yamaha m1 versi punto evo. widiiiiwww
Google